admininfokiyai
Kamis, 03 Maret 2022, Kamis, Maret 03, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-03T05:17:58Z
DaerahEkonomi

Melihat Pembuatan Batik Tulis Lampung di Galeri As-Syafa

Advertisement


Bandar Lampung - Sulastri (38) sedang menyelesaikan pembuatan batik tulis di Galeri As-Syafa Batik Tulis Lampung di Jl. Merak 2 No. 17 Lk. 1 Pinang Jaya, Kemiling, Bandar Lampung, Kamis 3 Maret 2022. Motifnya berupa gambar yang menjadi ciri khas Lampung yaitu Siger, Kapal, Kopi, Cengkeh, Lada, dan Sekar Jagad yang mengadopsi dari motif batik jawa, dan kain batik yang sudah jadi akan dibuat menjadi pakaian.

Batik tulis tersebut sudah dipasarkan ke Palembang, Jakarta, Jogja dengan harga mulai Rp250.000 hingga Rp1 juta tergantung jenis kainnya, tingkat kesulitan motifnya, dan pewarnaan kain batiknya.

Selain menjual pakaian yang siap pakai, pengunjung juga bisa melihat proses pembuatannya, dan juga menjual lembaran kain batiknya.

Sulastri juga mengatakan pembuatan batik tulis tersebut menggunakan jenis kain katun primisima, katun sateen, dan katun sutra supaya lembut dan adem saat dipakai, dan sisa potongan kain batiknya (kain perca) bisa dimanfaatkan menjadi tas dari kain batik sehingga tidak ada kain batik yang terbuang. (Suwandi/KN)