admininfokiyai
Sabtu, 12 November 2022, Sabtu, November 12, 2022 WIB
Last Updated 2022-11-22T13:08:47Z
DPRD Lampung

FX. Siman : Para Santri Harus Menjadi Pondasi Empat Pilar Kebangsaan

Advertisement

 


 Pringsewu — Dihadapan para santri Pondok Pesantren Nurul Huda, Pekon Marga Kaya, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu. Anggota DPRD Provinsi Lampung, FX. Siman, meminta santri untuk jadi garda terdepan empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 45 dan NKRI.

“Santri harus jadi garda terdepan gaungkan pancasila. Karena kita adalah pancasila,” kata Anggota DPRD Provinsi Lampung, FX. Siman. Dihadapan para santri, kegiatan Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IP-WK). Sabtu (12/11/2022).

Kedepan, kata pakde sapaan akrabnya. Para santri harus punya keingenan dan komitmen untuk bisa menjadi anggota DPRD. “Jadi, para Santri harus ada yang punya cita – cita jadi anggota DPRD, untuk mendalami politik. Karena, politik itu penentu kebijakan bagi negara atau daerah, bukan mempolitiki. Jangan takut, politik ini menyenangkan. Mahal banyak kawan,” kataFX. Siman, disela kegiatan.

Kenapa demikian, lanjut Pakde sapaan akrabnya. Dalam membangun sebuah daerah, butuh politik yang cerdas. Karena, tugas pokok DPRD adalah penganggaran, pembuatan Perda dan pengawasan. Fungsi kontrol tersebut, sangat penting. Untuk mengawal kebijakan dari kepala daerah, gubernur dan bupati agar tepat sasaran.

“Apa yang sudah rancang dan disusun oleh pemerintah mengenai pembangunan, harus diawasi. Apakah sesuai dengan Bugeting dan penganggaran. Kalau tidak melalui politik, susah,” ujarnya.

Oleh karena itu, para santri harus mempersiapkan diri menuju ke arah sana. Namun, dirinya berpesan kepada para pemuda, untuk jadi anggota DPRD dengan mengedepankan kearipan kebijakan yang direalisasikan.

“Pondasi pancasila, menjadi hal utama untuk membangun bangsa dan derah lebih baik. Sehingga, pemahaman pancasila dikalangan pemuda dan santri harus matang. Dan saya, Hari ini bisa hadir sangat berterimakasih, bisa bertemu dengan para santri, di pondok pesantren ini. Mohon doanya, ketika menjadi wakil rakyat untuk tetap amanah dan berada ditengah – tengah masyarakat,” tegasnya.