admininfokiyai
Kamis, 06 Juli 2023, Kamis, Juli 06, 2023 WIB
Last Updated 2023-07-06T08:01:33Z
Bandar LampungPendidikan

Peserta UTBK Mandiri Unila Keluhkan Sistem Yang Eror

Advertisement

Bandar Lampung - Puluhan peserta mengeluhkan pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) seleksi Mandiri Universitas Lampung (Unila). Pasalnya mereka harus melakukan ujian ulang karena mengalami error sistem saat ujian pertama pada Senin (4/7).


Kebanyakan dari mereka mengalami error sistem, mulai dari pengurangan waktu saat baru mengerjakan beberapa soal, hingga nilai tidak muncul dan diberikan nol pada soal yang sudah dikerjakan.


Naasnya, mereka harus melakukan ujian ulang pada Rabu (5/7) sampai saat ini belum ada kejelasan. Pantauan di lokasi ujian yang berpusat di UPT TIK Unila, mereka yang mendapatkan SMS atau WA langsung dari panitia masih terlantar dihalaman depan. Bahkan, sejumlah orang tua ikut mendampingi para peserta UTBK seleksi Mandiri Unila menuntut kejelasan dari panitia.


Salah satu peserta UTBK Mandiri Unila yang enggan disebut namanya sangat menyayangkan pelaksanaan UTBK-Mandiri Unila. Karena, kata dia, banyak persoalan yang ditemukan dalam pelaksanaan ujian. “Kalau saya pas ujian kemarin masalahnya skor saya tidak keluar pas udah mengikuti ujian, padahal seharusnya inikan keluar nilainya,” ujarnya. Rabu (5/7).


Dia mengatakan, persoalan tersebut tidak hanya terjadi pada dirinya saja, melainkan juga terjadi pada peserta lainnya. “Teman-teman saya yang ikut juga mengalaminya, sistemnya error kaya saya. Bahkan ada yang waktunya dikurangi, dikasih nilai nol, banyaklah persoalannya,” kata dia.


Atas persoalan itu, dirinya mendapat informasi dari panitia Unila via SMS untuk mengikuti ujian ulang di UPT TIK Unila pada Rabu (5/7). Namun, sore hari dirinya pun belum dipanggil panitia untuk ujian ulang. “Saya di WA panitia disuruh datang jam setengah tiga sore. Tapi sampai jam 5 sore gak dipanggil-panggil sama panitianya. Jadi sampai saat ini saya belum ujian ulang,” kata dia.


Maka dari itu, dirinya sangat menyayangkan pelaksanaan UTBK-Mandiri Unila ini. “ Gimana ya, masa perguruan tinggi negeri sebesar ini, untuk ujian seperti itu saja masih banyak masalahnya,” tukasnya. 


Senada juga disampaikan oleh ibu yang enggan disebutkan namanya. Dirinya mengaku mengantarkan anaknya untuk melihat langsung kondisi dan mencari informasi terkait pelaksanaan UTBK-Mandiri Unila yang sedang bermasalah itu.


“Saya dan anak saya datang dari jam satu siang. Tapi sampai sore ini anak saya belum dipanggil-panggil sama panitia,” ujarnya.


Terpisah, Humas PMB Unila Fitra Dharma mengaku ada kendala dalam sistem UTBK-Mandiri Unila. Menurutnya, ada beberapa komputer yang secara teknis berbeda persyaratan spesifikasinya dengan program.


“Jadi sistem inikan baru ya, kita ujian Mandiri. Dan sistem ini baru saja kita buat. Kemudian ada komputer- komputer yang secara teknis berbeda persyaratan spesifikasinya dengan program, dan ini lumayan banyak. Artinya program dan spesifikasi komputernya berbeda,” terangnya via telepon.


Dia mengatakan, mereka yang mengikuti ujian ulang adalah peserta yang benar-benar bermasalah dengan nilai nol dan mendapat SMS atau WA dari panitia.


“Untuk jumlahnya sendiri yang mengikuti ujian ulang ada 180-an orang. Tapi kemungkinan bisa bertambah karena banyak yang komplain,” kata dia.


Dia mengklaim, pelaksanaan ujian sesuai dengan waktu yang diinformasikan oleh panitia kepada peserta. “Yang di WA itu sesuai waktunya. Kita panggil sesuai waktunya. Dan yang belum dipanggil itu mereka yang komplain,” kata dia.