admininfokiyai
Jumat, 26 Januari 2024, Jumat, Januari 26, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-04T06:38:04Z
DPRD Lampung

Elly Wahyuni Dukung Rencana Pemprov Perbaiki Puluhan Ruas Jalan Utama T.A 2024

Advertisement


Bandar Lampung -  Wakil I Ketua DPRD Provinsi Lampung, Elly Wahyuni mendukung rencana Pemerintah Provinsi Lampung memperbaiki puluhan ruas jalan utama di tahun anggaran 2024.


Diketahui, ada 40 ruas jalan dan 11 jembatan yang rencananya akan diperbaiki Pemprov Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) tahun ini.


Menurut Elly Wahyuni, perbaikan jalan harus menjadi salah satu prioritas pemerintah daerah guna mendukung kelancaran arus transportasi, baik untuk angkutan barang maupun orang.


“Tentunya, semua kebijakan yang diambil Pemprov untuk kepentingan rakyat akan kami dukung. Terlebih untuk kelancaran arus transportasi yang akan mempercepat waktu tempuh dan menurunkan biaya logistik,” kata Elly Wahyuni beberapa waktu lalu.


Politisi Partai Gerindra ini menilai, perbaikan jalan dan ruas jalan merupakan unsur infrastuktur untuk membangun perekonomian masyarakat.


Dengan kondisi jalan dan jembatan yang mantap, diharap jalur perekonomian warga di berbagai daerah dapat membaik. Sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat.


“Karena itu akan berdampak pada kelancaran arus logistik. Sehingga hasil-hasil bumi seperti pertanian, peternakan, bahkan kerajinan dan produk UMKM bisa langsung dikirim ke daerah lain,” kata Caleg DPRD Provinsi Lampung ini.


Sebelumnya, Dinas BMBK Lampung telah menyusun rencana perbaikan jalan provinsi di tahun ini. Kepala Dinas BMBK Lampung M. Taufiqullah mengatakan, target perbaikan jalan provinsi tahun 2024 adalah menyelesaikan ruas-ruas jalan yang belum selesai diperbaiki.


Pada APBD murni 2024, kata M. Taufiqullah, Dinas BMBK akan mengerjakan 40 paket pekerjaan. Ruas-ruas jalan tersebut tersebar di 15 kabupaten/kota.


“Sekarang prioritaskan penyelesaian, satu ruas selesai, satu ruas selesai. Jadi pekerjaannya agak sedikit jumlah kegiatannya atau ruas dibanding sebelumnya," ungkapnya.


Disinggung terkait anggaran dinas BMBK Lampung tahun 2024, dirinya menyebut tidak jauh berbeda dengan tahun 2023, sekitar Rp 800 miliar. Terkait perbaikan jembatan di tahun ini ada sekitar 11 jembatan dengan anggaran Rp32 miliar.


“Jadi jembatan ini tidak semua bangun baru, ada yang pergantian box, perawatan, dan lainnya. Total untuk jembatan ini sekitar Rp 32 miliar. Sisanya untuk perbaikan jalan dan lainnya," tuturnya. (*)