admininfokiyai
Jumat, 01 Maret 2024, Jumat, Maret 01, 2024 WIB
Last Updated 2024-04-04T09:29:26Z
pesawaran

Investasi Bernilai Rp 400 Miliar Akan Beroperasional di Pesawaran April 2024

Advertisement



Pesawaran - Investasi bernilai hampir Rp 400 miliar akan segera beroprasional di Kabupaten Pesawaran, Lampung, pada April 2024 mendatang.


Hal tersebut dikatakan Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona dalam Pesawaran Investment Promotion (PIP) Tahun 2024  di Gedung T Tower Bank BJB, Jakarta, Jumat (1/3/24).


Dendi mengatakan, investasi tersebut bukan hanya tentang uang melainkan juga tentang ilmu dan pengalaman untuk investasi jangka panjang.


Hal itu sesuai dengan cita-cita Kabupaten Pesawaran yang sejahtera dengan masyarakatnya yang produktif.


Pemkab Pesawaran saat ini terus bergiat melakukan pembangunan berbasis inovasi untuk meningkatkan daya saing daerah. 


Pemkab Pesawaran berkerjasama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB), Tbk. Cabang Bandar Lampung dalam Pesawaran Investment Promotion (PIP).


PIP yang mdikaksud adalah merupakan salah satu program inovasi dari Bupati Pesawaran dalam menjaring para investor untuk berinvestasi di Kabupaten Pesawaran. 



Program inovasi itu ditujukan untuk semakin mempercepat perkembangan daerah dan sebagai model terobosan pengembangan kawasan.


Fungsinya untuk pertumbuhan ekonomi, antara lain industri, pariwisata, dan perdagangan sehingga dapat menciptakan lapangan kerja.


Dendi berharap melalui PIP ini para peserta dapat memperoleh gambaran mengenai sumber daya potensi serta mendapatkan informasi akurat mengenai peluang investasi di Kabupaten Pesawaran. 


Di hadapan beberapa Kementerian RI, Kadin serta para calon investor, Dendi menyebut telah memaparkan berbagai potensi yang terdapat di Kabupaten Pesawaran. 


Dendi menjelaskan bahwa saat ini Pemkab Pesawaran tengah berinovasi dengan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Teluk Pandan dan membangun Kawasan Industri (KI) Tegineneng. 


“Ya, dari pariwisata menjadi salah satu sektor strategis yang dapat digali di Kabupaten Pesawaran,” terangnya.


Di samping itu, pengembangan yang terus difokuskan ialah rencana pembangunan Kawasan Industri (KI) Tegineneng yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). 


Ia menambahkan Pesawaran sangat terbuka untuk kalangan dunia usaha guna bisa menjalin sinergi dan kerjasama. 


"Kami memiliki regulasi yang pro untuk dunia usaha dengan tentunya disesuaikan dengan kearifan lokal," lanjut Dendi. 


Kabupaten Pesawaran juga terus berusaha menjadi tuan rumah yang baik dan memudahkan segala proses perizinan melalui program Pelayanan Perizinan Secara Online Melalui Online Single Submission (OSS). 


"Serta dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam hal regulasi dan keberpihakan kepada Investor dengan memberikan insentif dan kemudahan investasi," jelasnya. 


Untuk diketahui PIP sebelumnya pernah dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018 kemudian terhalang pandemi Covid -19 sehingga harus terhenti selama 5 tahun.


Kemudian dan tahun 2024 PIP kembali dimulai sebagai momentum kebangkitan dunia investasi di Pesawaran. 


Pada Pesawaran Investment Promotion 2018 yang lalu, telah menghasilkan para investor yang berinvestasi di Kabupaten Pesawaran. 



“Salah satunya yaitu Hurun Beach Resort atau JW Marriot Hotel yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Pandan,” imbuhnya. 


“Pada April 2024 mendatang nilai ratusan miliar akan segera beroperasi,” pungkas Dendi.


Disebutkan bahwa Investasi yang bernilai hampir 400 milyar rupiah tersebut akan segera beroperasional pada bulan April 2024 yang akan datang.