admininfokiyai
Kamis, 17 Oktober 2024, Kamis, Oktober 17, 2024 WIB
Last Updated 2024-10-17T15:16:55Z
DaerahNasional

HUTAMA KARYA BERLAKUKAN PENYESUAIAN TARIF TOL TERPEKA, DISKON HINGGA 30% UNTUK PENGGUNA

Advertisement

 


LAMPUNG – PT Hutama Karya (Persero) akan memberlakukan penyesuaian tarif pada Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) mulai 17 Oktober 2024 pukul 22.00 WIB. 


Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menjelaskan bahwa penyesuaian tarif ini mengikuti Surat Keputusan Menteri PUPR No. 2420/KPTS/M/2024 dan sesuai dengan Pasal 48 UU No. 2/2022 tentang Jalan, yang mengharuskan penyesuaian tarif secara berkala setiap dua tahun. 


“Ini adalah penyesuaian tarif pertama sejak jalan tol ini mulai beroperasi pada tahun 2020, sementara volume trafik dan biaya perawatan terus meningkat,” ujar Adjib. Ia menambahkan bahwa penyesuaian tarif ini penting untuk menjaga kondisi infrastruktur yang optimal dan mempertahankan iklim investasi yang kondusif demi keberlanjutan jalan tol.


Jalan tol ini dibiayai melalui skema investasi yang melibatkan pemerintah, dengan total nilai investasi yang besar. Pengembalian investasi melalui tarif tol sangat penting untuk menjaga keberlangsungan operasional jalan tol dan membiayai perawatan serta pengembangan infrastruktur di masa mendatang.


Jalan tol memberikan alternatif jalur yang lebih cepat dan nyaman bagi pengguna, dilengkapi dengan fasilitas seperti petugas patroli, layanan derek gratis, dan rest area. Meskipun ada tarif yang harus dibayar, pengguna mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman.


Menanggapi penyesuaian tarif ini, Agus Pambagio, Pengamat Kebijakan Publik, menegaskan bahwa langkah ini penting untuk memastikan keberlangsungan infrastruktur, terutama pada proyek-proyek besar seperti JTTS. 


Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pelayanan, Hutama Karya juga telah melakukan peningkatan fasilitas di sepanjang Jalan Tol Terpeka, termasuk penambahan SPKLU dan SPBU.


Sebagai apresiasi kepada pengguna, Hutama Karya akan memberikan diskon tarif secara bertahap. Pada bulan pertama, pengguna akan mendapatkan potongan tarif sebesar 30% mulai 17 Oktober hingga 17 November 2024, diikuti dengan potongan 15% pada bulan kedua. Ini bertujuan untuk memberikan waktu bagi pengguna menyesuaikan diri dengan tarif baru.


Adjib berharap dengan penerapan bertahap ini, kenyamanan dan keamanan perjalanan pengguna dapat terjaga, sambil memastikan keberlanjutan investasi untuk pengembangan infrastruktur yang lebih baik.


**Informasi Tarif Baru dan Diskon:**

Penyesuaian tarif baru mulai berlaku pada 17 Oktober 2024, jam 22.00 WIB. Untuk mendapatkan diskon 30%, pengguna diharapkan memperhatikan hal berikut:

1. Pastikan saldo kartu e-toll mencukupi; untuk tarif terjauh dari Bakauheni ke Kayu Agung, saldo minimal Rp 368.500.

2. Pastikan kartu e-toll tidak rusak agar terbaca di sistem gardu tol.

3. Hindari putar balik di tol, yang dapat menyebabkan denda dua kali tarif terjauh tanpa diskon.


Hutama Karya juga mengimbau pengguna untuk mematuhi tata tertib di jalan tol, berkendara dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam, serta melapor ke Call Centre Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung di 0813-2900-0020 jika ada keluhan atau melihat tindak kejahatan.